Aliansi LSM Pasuruan Timur, Desak Kejari Bangil Usut Kasus Pemotongan BOP Kemenag dan Lelang Proyek

  • Whatsapp

EXPOSEINDONESIA.COM, Pasuruan – Tak kondusif pengondisian lelang proyek dan Pemotongan dana BOP dilingkungan Pemkab Pasuruan yang mencuat ke rana publik.

Karena di sinyalir berbagai pihak terlibat di dalamnya, dari oknum wartawan, pegiat aktivis lembaga swadaya masyarakat (LSM) hingga pejabat di lingkaran Pemkab mendapatkan perhatian serius dari gabungan LSM yang berbasis diwilayah Pasuruan bagian timur yang akan melakukan aksi demonstrasi di Kejari kab. Pasuruan.

Hal ini dipicu karena pembangunan yang dianggap tidak merata diwilayah kabupaten Pasuruan dan condong memfokuskan pembangunan wilayah barat, sebagaimana di ungkapkan Agus Jalaluddin pada media ini usai menyerahkan surat pemberitahuan aksi demonstrasi di Polres Pasuruan. Selasa (06/04/21).

“Sudah lama kami dari lembaga swadaya masyarakat di Pasuruan timur menilai bahwa pembangunan di kabupaten Pasuruan seolah condong diwilayah barat saja, ditambah pemerintah saat ini yang kita nilai tidak bersikap profesional dan proporsional sehingga banyak proyek proyek yang bersumber dari APBD kabupaten Pasuruan seolah sudah dikondisikan sebagaimana saat ini ramai dipemberitaan publik terkait beredarnya fee proyek pada pejabat teras di Pemerintah daerah hingga oknum wartawan dan LSM juga ikut dalam pengkondisian proyek tersebut. “ujarnya

Cukil sampaikan, pihaknya menuntut kejaksaan usut tuntas dugaan pengkondisian proyek dan juga meminta kejaksaan negeri Bangil untuk secepatnya menuntaskan penyidikan kasus pemotongan bantuan operasional pendidikan (BOP) yang ada dilingkungan pendidikan dibawah tanggung jawab Kemenag kabupaten Pasuruan.

“Pungli BOP yang memakan banyak korban lembaga pendidikan agama seperti TPQ, Madin hingga yayasan pondok pesantren yang sudah tidak bisa di toleransi lagi karena seharusnya pendidikan agama adalah dasar untuk mencetak moral anak bangsa yang unggul berlandaskan agama” ,oleh karena itu kami mendorong kejaksaan untuk segera memanggil dan mengusut pejabat Kemenag Kab. Pasuruan yang diduga terlibat sebagai otak pemotongan tersebut,” Tegasnya.

Adapun aksi demonstrasi aliansi LSM Pasuruan timur ini yang rencananya akan di gelar Jumat,(09/4/2021) dihalaman Kejari Bangil yang terdiri dari aliansi lembaga swadaya masyarakat GAB, FORMAT, LSM PENJARA, LSM RI, serta unsur masyarakat sekitar 100 peserta sebagaimana surat pemberitahuan ke polres dan kabupaten pasuruan.(Abdul Wahab)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *