Gus Muhdlor berharap Kemitraan Petani Tebu Sidoarjo dapat terjalin dengan baik

  • Whatsapp

EXPOSEINDONESIA.COM, Sidoarjo – Sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan Produksi, Produktivitas serta kesejahteraan petani tebu, Pemerintah Kabupaten Sidoarjo melalui Dinas Pangan dan Pertanian Sidoarjo menggelar Temu Kemitraan Petani Tebu, acara yang dibuka langsung oleh Bupati Sidoarjo H. Ahmad Muhdlor Ali, S.IP, di Singhasari Resort Batu, Selasa (30/3).

Kegiatan Ini bertujuan membangkitkan pertumbuhan ekonomi dengan fokus pada kemandirian lokal, berbasis usaha mikro, koperasi, pertanian, perikanan , sector jasa industri untuk membuka lapangan kerja baru yang sejalan dengan visi Bupati dan Wakil Bupati Sidoarjo.

Dengan meningkatkan produktif, dan produktivitas, meningkatkan pendapatan dan kesejahteran petani tebu, kemitraan petani tebu dengan pabrik gula dalam hal pembiayaan,budidaya, pengelolaan hingga hasil tebu.

Gus Muhdlor mengatakan bahwa kegiatan ini dapat terjalin kemitraan dengan baik antara petani tebu Sidoarjo dengan Pabrik Gula serta asosiasi pedagang pasar mendorong pertumbuhan ekonomi , penyerapan tenaga kerja, peningkatan pendapatan,membantu untuk memenuhi kebutuhan gula dalam negeri.

Area tebu di Kabupaten Sidoarjo di tahun 2020 seluas 4.557 Hektar, dengan hasil produksi 24.032 ton, dari jumlah tersebut 90% dilelang bersama dan 10% dikonsumsi petani.
Target swasembada gula nasional 2020-2023 memprioritaskan untuk memenuhi kebutuhan konsumsi rumah tangga, upaya memenuhi sasaran pencapaian swasembada gula dilakukan secara terpadu antara sector olivam dan ovam melalui peningkatan produksi produktivitas tebu dan randemen dengan melakukan kegiatan intensifikasi bongkar atum dan rawat ratum.

Moto pembangunan pertanian adalah pertanian maju mandiri dan modern, kedepan pelaksanakaan pembangunan pertanian secara umum harus dapat mengarah pada mekanisme mengembangkan dan menerapkan mekanisasi pertanian baik pra maupun pasca panen serta pemanfaatan inovasi teknologi, Ekspansi optimalisasi pemanfaatan lahan secara maksimal, kemitraan yang baik untuk pembelian hasil produksi petani, hingga mengembangkan bibit tebu .

Dalam kegiatan tersebut, dilaksanakan penandatangan Surat Kesepakatan Bersama Serapan II Petani Tebu , antara Bupati Sidoarjo dengan DPRD Sidoarjo, Pimpinan PT Indomarco Wisnatama, Direktur PG Candi Baru,General manager PG Krembung, Ketua APPR PG Candi Baru, Ketua APPR PG Krembung, disaksikan Direktur Tanaman Semusim dan rempah Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian, Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Jatim, Perwakilan DPRD Sidoarjo, Sekretaris Daerah beserta jajaran.

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *