Sosialisasi Soal Pemerataan Pembangunan di Pedesaan Oleh Anggota Dewan di Tingkat Kecamatan

  • Whatsapp

EXPOSEINDONESIA.COM, Malang – Di Tengah-tengah masa pandemi ini Anggota Dewan sering melakukan Sosialisasi Di Tingkat Kecamatan, Sesuai Dengan Rencana Tata Ruang Wilayah (Rt/Rw) Pemerintahan Kabupaten Malang Bahwa Pembangunan Pedesaan Sudah Maju dan berkembang.

Acara sosialisasi tersebut di laksanakan di Pendopo Kecamatan Dau yang bertempat di Jl.Mulyoagung,Kabupaten Malang, Dan acara tersebut di awali dengan Menyanyikan Lagu kebangsaan Indonesia Raya, di lanjut dengan pembacaan doa oleh Suyono, pada selasa (6/4/21).

Dalam sambutannya Sekcam Dau.Al Dayrobi.SE, menyampaiakan,kalau dirinya mendapat Mandat / tugas dari bpk Camat Eko untuk mewakilinya yang Berhalangan hadir di karenakan sedang ada acara dengan Bupati Malang.

Kita bisa betemu dan berkumpul dalam rangka melaksanakan Sosialisasi Pemerataan Pembangunan Pedesaan sesuai dengan rencana tata wilayah Rt/Rw kabupaten malang.

Sebagaimana di ketahui pembangunan ini di canangkan oleh pemerintah mulai dari tingkat Rt/Rw sampai tingkat Provinsi meski di tengah pandemi,kita masih harus tetap melaksanakan pembangunan ini.

Dapat kami sampaikan bahwa di kecamatan dau ini mempunyai 10 desa yang terbagi menjadi dua secara greografi menjadi dua wilayah yaitu wilayah atas dan wilayah bawah.

Karna yang berada di wilayah atas secara geografis ada lima desa di pegunungan dan yang lima desa dekat dengan perkotaan.

“Kecamatan Dau di apit oleh dua kota yaitu Kota Batu di sebelah Barat dan Kota Malang di sebelah Timur,sehingga dengan demikian membawa kepada pembangunan yang ada di kecamatan dau,namun saat ini yang lima desa di bawah kalau kita lihat pembangunannya sudah sangat pesat sekali,walaupun yang lima desa atas juga terlaksana namun demikian kami ingin pemerataan pembangunan ini ada di 10 desa,”kata Sekcam.

Saeful Efendi menambahkan dalam sambutannya, bahwa tujuan dari pembangunan desa yang sesuai dengan Undang-undang Nomor 6 Tahun 2015 tentang tatanan desa.

“Meningkatkan taraf kehidupan serta kesejahteraan masyarakat desa serta dapat mengurangi angja kemiskinan dengan tujuannya, memerlukan tahap,perencanaan pelaksaan pengawasan, mengedepankan kebersamaan kekeluargaan,kegotong royongan, guna mewujudkan perdamian keadilan sosial, guna untuk memenuhi kebutuhan dasar“jelasnya

Pembangunan sarana dan prasarana desa serta pengembangan potensi ekonomi lokal yang dapat di manfaatkan dan dikelolah desa seperti, sumber daya air dan lingkungan hidup.

Kewenangan desa meliputi kewenangan hak asal usul desa,asal usul lokal berskala desa,kewenangan di tugaskan oleh pemerintah pemda dan pemprov di daerah kabupaten atau kota yang di tugaskan oleh pemerintah pemkab,pemprov atau pemda kabupaten sesuai dengan peraturan perundang undangan. Sambungnya

Surya Hantta menjelaskan, pemerataan pembangunan desa tata ruang wilayah di pemerintahan kabupaten malang khususnya di kecamatan dau dia ingin mengedepankan sebelum menata pemerintahan pembangunan di setiap desa itu.

“Yang di utamakan yaitu sering mengadakan musyawarah desa,jadi rembukan desa itu lebih di perbanyak, dengan mempebanyak dukungan, melibatkan karang taruna,pkk,LPMD,DPD,tokoh tokoh masyarakat itu, karena ini penting menurut saya “jelasnya

masih kata surya hantta“Dengan rembukan, kesatuan dan kekompakan kita bisa membawa arah desa itu mau di bawa kemana ini penting,karena kebanyakan saya keliling antara kepala desa dengan staf desa kurang harmonis ini menurut saya harus di benahi dulu, karena sebagai landasan kalau sudah kompak di ajak bareng untuk menata desa untuk pemerataan desa otomatis itu lebih untuk memajukan desa“pungkas nya

Tampak hadir dalam acara sosialisasi tersebut Anggota DPRD Kabupaten Malang, diantara nya M.Saeful Efendi dari Partai Gerindra.Surya Hatta dari partai Golkar.Camat yang di wakili oleh,Sekcam Dau.Al Dayrobi,OPD Kabupaten Malang yang mewakili,OPD Bapenda,OPD Bina Marga,OPD Cipta Karya,Humas Kabupaten Malang,Satgas Cvid 19,serta kepala Desa Sekecamatan Dau,Kasun Desa Sekecamatan Dau.Muspika,LKMD Desa. (Nadya)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *